Sunday, October 11, 2015

Psikologi Dalam Keperawatan


Psikologi secara umum dibagi dua kata yakni psikis berarti jiwa dan logos artinya ilmu, jadi kesimpulan dari psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku kejiwaan seseorang.

psikologi dikeperawatan sangat penting untuk perawat sebagai batu loncatan seorang perawat dalam metode berfikir dan bersikap. dalam hal pelajaran psikologi dalam keperawatan ini sangat mudah di mengerti akan tetapi dalam menerapkan nya tidaklah mudah dikarenakan psiko di pelajari bukan untuk dimengerti saja  akan tetapi diterapkan dilingkungan kesehatan maupun di ruang lingkup masyarakat.

dalam psikologi keperawatan terbagi atas 3 aliran ,yakni

1. aliran psiko analisa adalah seorang pasien yg selalu memimpikan tentang penyakitnya
2. aliran humanistik adalah seorang berfikir bahwa semua manusia yg terlahir di dunia ini esensinya     baik
3..aliran realitas adalah apa yg kita hadapi sekarang

psikologi dalam keperawatan berhubungan erat dikarenakan seorang perawat dituntut menjadi seseorang yg mampu menganalisa dan mampu membantu seorang pasien untuk sembuh dari penyakitnya. psikologi pada dasarnya mempelajari dasar dasar kejiwaan seseorang, ilmu psikologi memandang sehat-sakit itu tidak berdasar dari lahiriya saja (fisik) akan tetapi kerohaniannya(jiwa) juga harus kita jadikan sebgai dasar dalam mengambil kesimpulan.


Tujuan psikologi dalam keperawatan

psikologi sangat lah dibutuhkan oleh seorang perawat dalam keperawatan karena ilmu ini mengajari kita seorang perawat untuk menjadi seorang :

1.dimana konselor diartikan sebgai seseorang yg membantu seorang pasien mencari jalan keluar dari      sebuah masalahnya.
2 etika(estetika) sebagai bentuk dari sikap seorang perawat ke pasien.dan 
3.persepsiuntuk bagaimana seorang perawat dalam pemeriksaan tidak melihat dari fisik si pasien saja    dalam setiap tindakan keperawatannya
4.perasaan dimana sebagai bentuk ekspresi perawat kepada pasien ataupun keluarganya saat berduka.    dalam artian perawat tidak harus larut dalam kesedihan akan tetapi hanya ,merasakan.







No comments:

Post a Comment