Friday, October 16, 2015

Belajar Konsep Kepribadian




 kepribadian adalah suatu konsep mekanisme kejiwaan dalam diri yang menentukan bagaimana sikap seseorang individu berespon pada lingkungannya.kepribadian bisa juga di definisikan sebagai suatu bentuk reaksi tindakan dari seseorang berupa: ekspresi perasaan dan mempunyai ciri khas dalam dirinya.
  kepribadian atau karakter seorang individu pada hakikat nya berbeda-beda sekali pu pada anak kembar, munkin dari segi fisik tidak jauh berbeda akan tetapi dari segi kejiwaan nya sangatlah jauh berbeda di karenakan  suatu perjalanan kehidupannya berbeda (pengalaman dalam menjalani  kehidupan). jadi yang membedakan satu individu dengan yang lainnya yakni adanya perbedaan kepribadian masing-masing.

Faktor mempengaruhi terbentuknya kepribadian seseorang, antara lain:


  • pengetahuan, dimana ideologi seseorang individu di dapatkan dari pengalaman,pendidikan,keluarga
  • perasaan, pada orang yg tempramental dan sebaliknya
  • lingkungan, ini sangat mendominasi pembentukan karakter seseorang disebabkan pada umur 6-12 tahun seorang anak berada di fase melihat dan melaksakan.
kepribadian sifatnya konsistent dalam artian kepribadian seseorang itu secara teoritis mulai terbentuk karakternya pada masa kanak-kanak. dipengaruhi seperti budaya,psikologis dari anak itu sendiri,dan situasi lingkungannya.

karena itu, kepribadia seseorang susah untuk dirubah di masa remajanya, karena faktor tersebut akan tetapi kepribadian ini bisa saja sewaktu -waktu berubah jika dalam dirinya mengalami masalah seperti, kematian keluarga dekat, dan kelahiran.

jenis-jenis kepribadian

  •  kepribadian yang sehat adalah kepribadian yang matang dimana seseorang dewasa dalam melakukan suatu tindakan.
  • kepribadian sakit adalah dimana suatu kondisi seseorang berupa emosional dan perkembangan nyaterganggu.
  • kepribadian normal adalah  tidak adanya gangguan kesakitan dan keadaan ideal atau mental yang positif.

2 comments: