Monday, October 12, 2015

konsep prilaku psikologi dalam keperawatan



perubahan perilaku pada organisme terjadi karena suatu proses pendewasaan dari settiap individu dalam kehidupannyaa. interaksi sosial antara sesama maupun makhluk lainnya,Perilaku sangat berhubungan pada konsep makhluk hidup dimana setiap makhluk yang memilkiki jiwa.,
Manusia,dimana pun  dia bertada,tidak dapat dipisahkan dari lingkunganmasyarakat.Oleh karenaitu, sejak dahulu orang sudah menaruh minat yang besar pada tingkah laku manusia dalam lingkungan sosialnya. minat ini tidak hanya muncul dari diri pengamat orang awam ,tetapi juga di kalangan para serjana dan cerdik-cendikiawan.


pengertian perilaku

perilaku secara umum adalah kegiatan positif dan negatif dari organisme hidup. yg dapat diamati secara langsung dan tidak langsung. dan adapun pandangan perilaku menurut para ahli ,diantara berikut :
  1.  Soekidjo N perilaaku adalah suatu respons dari organisme seseorang pada ransangan dari luar subyek / suatu reaksi tubuh pada suatu benda. contoh : obyek yang sifat nya indah atau menarik oleh alat indra penglihatan. 
  2. Notoatmojo S perilaku adalah suatu reaksi seseorang pada lingkungannya.(hal-hal yang berbeda yang di tangkap alat indra).

ciri-ciri perilaku yang membedakan dengan makhluk lainya

  1. memiliki kepekaan sosial 
  2. kelangsungan perilaku 
  3. orientasi pada tugas
  4. usaha & perjuangan
  5. tiap-tiap individu

Perilaku dalam kesehatan

  1. Perilaku pemeliharaan kesehatan yaitu Dimana seorang perawat berusaha memiliki perilaku menjaga kesehatan saat seseorang sakit dan berusaha menyembuhkannya
  2. perilaku pengobata yaitu seorang perawat atau petugas kesehatan mengunakan alat ataupun fasilitas dalam kesehatan, perilaku ini menyangkut  dimana seseorang sakit karna usia atau penyebab lainnya perawat menggunakan prasarana kesehatan dalam observaasi dalam kesehatan.
  3. perilaku kesehatan sekitar.dimana seseorang melihat kesehatan dalam lingkungannya.

Proses pembentukan perilaku

  1. faktor lingkungan : dimana setiap makhluk akan terjadi perubahan perilaku psikologi dalam dirinya, (pergaulan)
  2. faktor kebutuhan rasa keamanan dimana setiap organisme hidup ingin hidupnya tenang dan tentram jauh dari masalah kekacauan.
  3. kebutuhan psikologis kemanusiaan( perasaan cinta)
  4. harga diri, dimana kita ingin dihargai dalam sosialitas kemanusiaan dan ingin dipuji
  5. faktor aktualisme ,dimana kita ingin selalu menjadi yang terbaik.
  6. faktor fisik  dari seseorang,(penampilan, jenis kelamin,keturunan,ideologi)

No comments:

Post a Comment